please insert word to search

Sabtu, 12 Desember 2009

Cahaya Meteor Gemini Tak Terlihat di Jakarta

Ferdinan - Okezone
Suasana malam di Jakarta (Wicak/farm4.static.flickr.com)

JAKARTA - Rasa penasaran untuk menyaksikan cahaya meteor Gemini kandas. Meski langit Jakarta hanya ditutupi sedikit awan, pemandangan menarik yang diprediksi bisa terlihat dini hari ini tak kunjung muncul.

Dari balik jendela ruang redaksi okezone.com di lantai 4 Gedung High End, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, okezone menyempatkan diri melihat sejenak ke atas langit. Hingga pukul 02.00 WIB, cahaya meteor yang berasal dari sebuah asteroid Phaeton itu tak nampak. Di langit hanya tampak sejumlah bintang.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung Sri Kaloka Prabotosari mengatakan cahaya meteor dapat dilihat dengan mata telanjang bila cuaca cerah dan tak terhalang awan . "Lebih terlihat jelas kalau menggunakan teropong," kata Sri kepada okezone, Sabtu malam (12/12/2009).

Dia mengatakan cahaya meteor ini berasal dari serpihan debu komet yang masuk ke atmosfir bumi. "Saat bumi melewati tempat tertentu ada meteor yang berjatuhan dan pecah ketika masuk ke atmosfir bumi," ujarnya.

Sementara, peneliti lainnya yakni Thomas Djamaluddin mengatakan puncak hujan meteor Gemini ini akan terjadi pada 14 Desember mendatang. Untuk melihatnya Anda harus mengarahkan pandangan ke arah timur laut pada posisi rasi bintang Gemini. (frd)
(hri)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar